Keep Traveling

Jokowi Gibran

Gibran Rakabuming Raka: Dari Pengusaha Sukses Hingga Wali Kota Solo

Karier Politik yang Mentereng

Gibran Rakabuming Raka, lahir pada 1 Oktober 1987, adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Gibran mengawali karier politiknya dengan mengikuti Pemilihan Wali Kota Solo 2020 sebagai calon dari PDI Perjuangan bersama pasangannya, Teguh Prakosa. Pasangan Gibran-Teguh berhasil unggul di daerah-daerah yang menjadi lumbung suara PDI Perjuangan.

Putra Presiden Jokowi

Gibran adalah putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada dan memulai karier bisnisnya sebagai pengusaha katering dan martabak.

Hubungan Gibran dengan sang ayah menjadi sorotan banyak pihak. Namun, Gibran menegaskan bahwa ia ingin dikenal sebagai sosok yang mandiri dan memiliki prestasi sendiri.

Langkah Politik Setelah Lengser

Masa jabatan Gibran sebagai Wali Kota Solo akan berakhir pada 2024. Banyak spekulasi bermunculan tentang langkah politiknya selanjutnya.

Beberapa pihak menilai Gibran berpotensi untuk maju dalam pemilihan gubernur atau bahkan pemilihan presiden di masa mendatang. Namun, Gibran sendiri belum memberikan tanggapan resmi mengenai hal tersebut.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar